Masakan Mama..

Udah jadi tradisi, kalo orang laper itu makan.. *ya iyala... nenek nenek salto juga tau..*

Hari ini, kelar gw ngumpulin tugas PuRel (Public Relation), tiba-tiba perut gw laper banget! Gw langsung memutuskan untuk makan!! Namanya juga orang laper kan?? Akhirnya gw dan Rudy Bing menimbang, memutuskan, dan menetapkan langkah untuk pergi ke KW alias Kantin W. Kita berjalan bersama.. diiringi lagu "Senang.. Riang.. Hari yang kunantikaan.." *Sherina.mode.on*

Nyampe kantin W, kita langsung menuju ke 'cafe' idaman kita masing-masing. Gw memutuskan untuk pergi ke Resto Bistik A'i tercinta.. Gw pesen bistik disana. dan Rudy, tetep dengan menu andalannya.. Nasi Putih dan Garam..*hahhh???* eh.. nggak nggak bercanda.. dia tidak semiskin yang kamu bayangkan kok.. Dia pesen nasi kare di stand seberang..

Kita mencari tempat yang nyaman buat duduk.. supaya kita bisa jadi lebih intim.. Tapi ternyata tergoyahkan.. karena kita diajak oleh temen2 cung2 yang kebetulan jga maem di KW. Ada Vonny, Priskila, sama Finthia. Kita ber5 makan bersama.. bagaikan keluarga di Sinetron Noktah Merah Perkawinan.

Gw memperhatikan dengan seksama makanan yang mereka pesen. Finthia makan nasi dan sejenis daging Barbeque gitu. Priskila dengan santainya melahap pastel tutup, dan Fonny makan bakso. Kita makan dengan biadabnya.. sambil ngobrol2.. sampe gw denger pembicaraan seperti ini..

Finthia: Enak tah pastel tutupe?
Priskila: Mayan la.. tapi kalo mama ku yang bikin, pasti lebih enak..
Finthia: yee.. kalo mamaku yang bikin juga gw makan. Enakan..

Aduh.. ini kok jadi ngebangga-banggain mamanya dhewe sih? Emang sih.. masakan mama itu paling enak..

Dan sekejap pikiranku langsung kepikiran sama masakan mama di rumah, di Bali sana.. nun jauhhh disana... *pikiran kosong mode on..*

Jujur.. benernya nyokap gw itu nggak jago masak. Cuman kadang2 dia berusaha untuk ngasi yang terbaik buat keluarganya. Makanya untuk urusan masak memasak, lebih dipercayakan sama Nenek, atau mungkin catering, atau mungkin sama 'assisten'.. Mungkin karena nyokap dan bokap yang terlalu sibuk kali ya.. jarang di rumah..

namun pernah nih, waktu gw masi di Bali.. keajaiban dunia terjadi.. tiba-tiba sekeluarga itu ngumpul di rumah. Rada kaget juga sih.. Dan begitu kita melihat kalender, ternyata dengan jelas dan indahnya, tercetak warna merah di kalender itu dan dibawahnya terdapat tulisan "Hari Raya Nyepi".. alias.. orang2 Bali ga bole kemana-mana.

*pantesan..*

Iseng-iseng, biar ga bete.. Nyokap nawarin kita untuk masak.. ya bukan masak sih, lebih ke urusan dapur. yaitu bikin Puding. Waduh, enak nih.. nyepi2 makan makanan yang manis-manis. Akhirnya, anak-anaknya pun dengan semangat membantu nyokapnya. Cung (Gw), Cua (adek gw yang pertama), dan Cia (adek gw yang kedua) dengan semangat 45 kurang dikit membantu nyokap. Nyiapin alat, bahan dan lain sebagainya. Semuanya sudah diatur rapi, dan akhirnya kita mulai memasak.. ngaduk adonan.. masukin air.. masukin bubuk ager2nya, ngaduk lagi.. Pokoke seperti Keluarga Cemara gitu deh..

Sekitar 45 menitan, adek gw Cia yang masi 4 tahun itu, asik ngaduk-ngaduk, sedangkan Cua udah nyerah duluan, nonton TV dengan indahnya. Nyokap, masi nyuci-nyuci. Sedangkan bokap, nutup-nutupin jendela.. Biar rumah bisa tetep nyala lampunya. (soalnya kalo nyepi itu benernya ga bole nyalain lampu. Kalo ketahuan bisa berabe..). Dan akhirnya.. Puding alias agar2 itu selesai!! Dengan warna merahnya yang sangat indah untuk diemut.. tapi tunggu la.. Ager2nya belum mateng.. jadi kudu dimasukin kulkas dulu biar kenyal..

2 jam berlalu.. akhirnya, Cia dengan semangat ngomong ke nyokap dengan lidah pelet2nya.. "mama.. agel-agel..".Akhirnya nyokap ngeluarin 'agel-agel' itu, dan segera memotong-motongnya. Kenyel banget.. Akhirnya aku dan Cia dengan biadabnya melahap agar-agar itu. Dan cia tiba-tiba ngomong..

"maa.. lasanya kok ane ma.. (rasanya kok aneh ma)"

Oya? Gw buru-buru nyicip agel2 itu. Dan begitu gw memasukkan satu potong agar2 itu.. gw juga menemukan satu hal yang aneh.. Bukan seperti agar2 yang biasanya.. Setelah loading data selama sepersekian detik.. ternyata.. AGAR-AGARNYA LUPA DIKASI GULA !! jadinya, ager-agernya nggak manis.. ternyata Nyokap lupa nuangin gula ..*shocking...*

Mampus.. deh.. akhirnya saat hari raya nyepi itu kita harus menikmati agar-agar cocol gula.. Saking ga manisnya..

*sniff*



Dan ternyata nyokap gw emang beneran nggak jago masak. Pernah nih, nyokap masak sayur.. sejenis sayur pepaya gitu, yang pake santan-santan gitu.. Nyokap sih dengan pedenya bilang itu enak.. Begitu dimasak.. emang enak.. tapi hasilnya jadi buaaaanyaaaakkkkkk.. Satu panci yang gede gitu!! usut punya usut ternyata nyokap salah takaran santen dan daunnya.. *gubrag*

alhasil.. seminggu full gw makan sayur santen itu..
Rada eneg sih.. tapi mau ga mau harus mam...


tapi ga tau.. kenapa di surabaya ini gw jadi kangen sama masakan nyokap, yang
nota bene.. 'gagal' itu..


Mama.. Miss U....

0 Comments: